Pages

Kamis, 17 Mei 2012

KOTAAGUNG


KOTAAGUNG Ibu Kota Kabupaten Tanggamus


Kotaagungng adalah sebuah kecamatan yang juga merupakan pusat pemerintahan (ibu kota) Kabupaten Tanggamus, Lampung, Indonesiadan merupakan kota terbesar di kabupaten ini. Kotaagung terletak di bawah kaki Gunung Tanggamus dan di sisi pantai Teluk Semaka.dan merupakan salah satu kota besar dan penting di Lampung.merupakan daerah administratif yang terbagi menjadi 3 kecamatan yakni kotaagung pusat[daerah terpadat dan merupakan pusat kota],kotaagung timur[merupakan pusat pemerintahan] dan kotaagung barat[daerah yang akan di kembangkan] pada wilayah utara berbatasan dengan gunung tanggamus,barat dengan kecamatan wonosobo,timur dengan gisting,dan selatan dengan teluk semaka.Menurut catatan administrasi kolonial, Kotaagung didatangi oleh Belanda sejak tahun 1889.


Banyak objek wisata di kota kecil ini, antara lain Pantai Terbaya,Pantai Marina dermaga 1,2dan 3 yang selalu ramai pada hari libur khususnya hari minggu,air terjun Lamuran,air terjun Bukit Tinggi,air terjun Sinar Lebak,pemandian air panas{way panas},air terjun Way Kandis, Taman Kota, Kompleks Islamic Center, Teluk Semaka sebagai pusat pelelangan ikan, dan Air Terjun Way Lalaan.


OBJEK WISATA DI KAB.TANGGAMUS
Pantai Kota Agung

Kota Agung merupakan Ibukota Kabupaten Tanggamus, Kota ini merupakan Kota lama terletak di kaki Gunung Tanggamus dan di tepi utara Teluk Semangka. Sebuah Pelabuhan laut lokal menghubungkan Kota Agung dengan Desa-desa sekitar Teluk Semangka seperti Tampang, Kaur Gading, Tirem dll. Beberapa fasilitas / sarana dan prasarana cukup tersedia seperti hotel, telekomunikasi, rmah makan dan angkutan baik darat maupun laut. Sebuah Pulau'. Kera ‘ Tabuan melatar belakangi pandangan lepas ke arah teluk semangka.

Makam Kuno Pangeran Jiwa Kesuma

makam pageran jiwa kesuma/ Makam Pengeran Jiwa Kesuma/ Tujuh Kurungan. Terletak di Kecamatan Wonosobo Kurang lebih 7 Km dari Kota Agung. Makam ini merupakan makam keluarga Pengeran Jiwa Kesuma yang hidup pada masa peralihan Hindu- Iislam. Ciri makam masih menonjolkan ornamen/ ragam hias Hindu. Terdapat pula makam “ Ikhawan” ( Makam bujang dan gadis sebagai Korban Persembahan dalam kepercayaan Hindu Pada masa itu )

Gisting & Kawasan Batu Keramat

Kawasan dataran tinggi Gisting dan Batu Keramat menyimpan potensi keindahan dimana dari ketinggian tempat kawasan ini dapat dinikmati udara sejuk pegunungan dengan pemandangan kesibukan Teluk Semangka yang dihiasi Kapal-kapal tanker raksasa dan kapal nelayan serta pelabuhan laut Kota Agung. Terletak hanya 4 Km dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Tanggamus
.

Bendungan Batutegi

iBendungan atau dam ini terletak di kawasan pegunungan di kaki Gunung Tanggamus dan dataran tinggi serta hamparan luas perkebunan kopi rakyat. Akses menuju tempat ini melalui kota Talang Padang kurang lebih 30 km kearah utara. Atraksi wisata yang dapat dinikmati berperahu, memancing dan menikmati keindahan alam pegunungan yang beriklim cukup sejuk.



Air Terjun Way Lalaan

Air Terjun Way Lalaan merupakan air terjun bertingkat dengan jarak satu sama lainnya - 200 M, berasal dari aliran Way (s ungai) Lalaan yang bermuara ke Teluk semangka . Obyek wisata air terjun Way Lalaan terletak di lembah kaki Gunung Tanggamus dengan jarak hanya 2 Km dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Tanggamus atau 80 Km dari Kota Bandar Lampung. Air terjun ini telah di kenal sejak Tahun 1937 yaitu zaman pemerintahan kolonia Belanda yang telah membuat tangga semen menuju lembah air tejun. Fasilitas yang tersedia yaitu shelter, kamar ganti pakaian dan pelataran Parkir.

Pantai Terbaya

Pantai terbaya tidak jauh dari lokasi air terjun Way Lalaan, - 2 Km sebelum memasuki Kota Agung, terdapat tempat rekreasi pantai disisi utara Teluk Semangka, pemandangan alam dan Teluk serta Pasir pantai ynag bersih merupakan daya tarik pantai ini.



Daftar Kelurahan: Kuripan Kota, Baros, Pasar Madang, Terbaya Barat, Kusa, Negri Ratu.

Daftar Desa: Terbaya Timur, Kotaagung, Kerta, Teba, Kagungan, Umbul Buah, Menggala, Ketapang, Kampung Baru, Batu Keramat Atas, Batu Keramat Bawah, Kota Batu, Way Gelang, Terdana, Way Panas, Kanyangan, Belu, Negara Batin, Kedamaian, campang Tiga, Penanggungan,  Kandang besi, pejajaran


3 komentar:

Anonim mengatakan...

kota agung the best lah pokoknya...!

Unknown mengatakan...

Sekedar sharing info rumah sewa harian, mingguan juga bulanan di Kota Agung namanya Rumah Ibu, tepatnya di Jl. Dwi Tunggal Baros Kota Agung sekitar 10 menit dari pusat kota. Karena konsepnya rumah sewa mungkin biaya lebih mahal untuk perorangan, untuk harian dikenakan biaya Rp. 625k, tapi untuk 7 hari hanya dikenakan tarif sewa 5 hari. Rumah sewa ini bisa menampung 4 - 6 orang, terdapat 3 kamar dengan fasilitas berbeda, 1 kamar dengan AC & kamar mandi, 1 kamar lagi dengan fan & kamar mandi, yang terakhir 1 kamar dengan fan kamar mandi di luar kamar.
Juga terdapat ruang keluarga dengan fasilitas TV, ruang makan lengkap dengan perlengkapan dapur, anda bisa memasak sendiri makanan di sini. Recommended untuk perjalanan dinas dan travelling.
Pemiliknya juga menyediakan rental mobil dan memberikan layanan jemputan di bandara. Untuk informasi silahkan hubungi 0813 6999 3277.

Unknown mengatakan...

Salam bang, saya aslinya dari gisting, jika ada akses ke PEMDA Tanggamus, ini ada Infestor dari Korea, bisa dimasukkan ke sektor Pariwisata atau sektor lainya, caranya Pihak Pemda membuat Surat Minat.
Model Ingestasi bisa BOT, Bisa Lun.
Tks 🙏

Posting Komentar

 
;